Rabu, 11 Mei 2016

Laporan Gebyar PKM UMY 2016



TUGAS LAPORAN
GEBYAR PKM UMY 2016

Disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah “Bahasa Indonesia”
Dosen Pengampu : Sri Handari Wahyuningsih, S.E., M.Si.

Disusun Oleh :
EREN DHOHEIRI
(20150410214)
RONNY WIJAYA
(20150410233)

PROGRAM STUDI MANAJEMEN
FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH
YOGYAKARTA
2016
Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) adalah suatu wadah yang dibentuk oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia dalam memfasilitasi potensi yang dimiliki mahasiswa Indonesia untuk mengkaji, mengembangkan, dan menerapkan ilmu dan teknologi yang telah dipelajarinya di perkuliahan kepada masyarakat luas. Program ini merupakan penerus dari Program Karya Alternatif Mahasiswa yang dibentuk pada tahun 1997, yang lalu berganti menjadi Program Kreativitas Mahasiswa tahun 2001 demi memperluas cakupan dan mengurangi batasan bagi mahasiswa dalam berkreasi. Pada awalnya, PKM memiliki lima sub program, yaitu PKM-Penelitian (PKMP), PKM-Penerapan Teknologi (PKM-T), PKM-Kewirausahaan (PKM-K), PKM-Pengabdian kepada Masyarakat (PKM-M) dan PKM-Penulisan Artikel Ilmiah (PKM-I). Finalis dari masing-masing PKM akan dilombakan dalam Pekan Ilmiah Nasional.
Prestasi membanggakan dalam bidang Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang merupakan sebuah program dari Direktorat Perguruan Tinggi (DIKTI), telah ditorehkan oleh mahasiswa-mahasiswi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) sejak empat tahun terakhir. Prestasi membanggakan tersebut menjadikan UMY PTS nomor satu penerima dana hibah dikti, dan telah menyumbangkan beberapa medali emas dalam ajang Pekan Ilmiah Nasional (PIMNAS) yang telah diselenggarakan beberapa tahun terakhir.
Untuk kembali mempertahankan dan mengembangkan prestasi mahasiswa dalam bidang PKM tersebut, UMY menyelenggarakan acara Gebyar PKM UMY 2016, yang merupakan serangkaian acara yang terdiri dari Gathering antar mahasiswa dan dosen pembimbing, pemaparan proses PKM untuk menuju PIMNAS yang disampaikan oleh Sugito, S.IP, M.Si. selaku Pembina PKM UMY, selain itu juga diselenggarakan gelar karya mahasiswa dan lomba kreativitas poster mahasiwa. Acara yang diselenggarakan pada Sabtu (19/3) bertempat di Gedung Sportorium Kampus Terpadu UMY tersebut turut dihadiri Dekan, Wakil Dekan, serta Kepala Program Studi dari masing-masing Fakultas dan Program Studi yang ada di UMY.
Dr. Ir. Gunawan Budiyanto, M.P selaku wakil rektor 1 UMY dalam sambutannya sekaligus membuka acara menyampaikan, tradisi PKM telah digelorakan dengan hebat di UMY, semoga di tahun ini akan kembali membawa kejutan dengan prestasi membanggakan dalam ajang PIMNAS 2016 ini. Beliau mengungkapkan “Untuk mewujudkan generasi emas pada ajang PIMNAS tahun ini, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh rekan-rekan mahasiswa, pertama keseriusan, diharapkan bagi rekan-rekan mahasiswa untuk serius dalam menjalankan program, kedua kesungguhan, jika ada niat untuk meraih prestasi yang membanggakan harus ditanamkan kesungguhan dalam menjalankannya, ketiga keikhlasan, sudah sepatutnya rasa ikhlas turut digelorakan dalam menjalankan pengimplementasian program kepada masyarakat”
Sementara itu, Hangga Agung Bramantyo selaku Ketua Acara mengungkapkan, program PKM merupakan perwujudan nyata dari tri dharma perguruan tinggi dan juga prestisius bagi masing-masing perguruan tinggi. “PKM saat ini menjadi barometer perguruan tinggi di Indonesia, melalui program PKM ini mahasiswa dapat menyalurkan ide-ide serta kreativitas terbarukan untuk mewujudkan pengabdian program tersebut kepada masyarakat,” ungkapnya.


Pada umumnyaada beberapa karakteristik setiap PKM adalah sebagai berikut:
PKM-P : Merupakan program penelitian yang dimaksudkan untuk mampu menjawabberbagai macam permasalahan yang berkaitan dengan isuterkini, misalnyamengidentifikasi faktor penentumutu produk, pengembangan metodepembelajaran, inventarisasi atau eksplorasi sumber daya, modifikasi produk,identifikasi dan pengujiankhasiat senyawa kimia bahan alam, atau merumuskanteknik pemasaran.PKM-P juga dapat berbentuk upaya pemecahanmasalahhumaniora, misalnya,survei kesehatan anak jalanan, metode pembelajaran aksara daerah di siswasekolah dasar, laju pertumbuhan ekonomi di sentra kerajinan, atau faktorpenyebab tahayul yang mewarnai perilaku masyarakat daerah dan hal-hal yangberkaitan dengan kearifan lokal.
PKM-K : Merupakan program pengembangan ketrampilan mahasiswa dalam berwirausahadan berorientasi pada profit. Komoditas usaha yang dihasilkan dapat berupabarang atau jasa yangselanjutnyamerupakan salah satu modal dasar mahasiswaberwirausaha dan memasuki pasar.Jadi pemeran utama berwirausaha dalam halini adalah mahasiswa, bukan masyarakat, ataupun mitra lainnya.
PKM-M : Merupakan program penerapan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni dalam upaya peningkatan kinerja, membangun keterampilan usaha, penataan dan perbaikan lingkungan, penguatan kelembagaan masyarakat, sosialisasi penggunaan obat secara rasional, pengenalan dan pemahaman aspek hukum adat, upaya penyembuhan buta aksara dan lain - lain bagi masyarakat baik formal maupun non-formal, yang sementara ini dinilai kurang produktif. Disyaratkan dalam Proposal program ini adanya komitmen bekerjasama secara tertulis dari komponen masyarakat yang akan dibantu/menjadi khalayak sasaran.
PKM-T : Merupakan program bantuan teknologi (mutu bahan baku, prototipe, model,peralatan atau proses produksi, pengolahan limbah, sistem jaminan mutu danlain-lain) atau manajemen (pemasaran, pembukuan, status usaha danlain-lain)atau lainnya bagi industri berskala mikro atau kecil (industri rumahan, pedagangkecil atau koperasi),menengahatau bahkan berskala besar,yang menyangkutkepentingan masyarakat luas dan sesuai dengan kebutuhan calon mitra program.Mitra program yang dimaksud dalam hal ini adalah kelompok masyarakat yangdinilaiproduktif, misalnya: pedagang, penjual jasa dan sebagainya.PKM-T mewajibkan mahasiswa bertukar pikiran dengan mitra terlebih dahulu,karena produk PKM-Tmerupakan solusi atas persoalanprioritas mitra. Dengandemikian, di dalam usul program harus dilampirkan Surat Pernyataan KesediaanBekerjasama dari Mitra.
PKM-KC : Merupakan program penciptaan yang didasari atas karsa dan nalar mahasiswa, bersifat konstruktif serta menghasilkan suatu sistem, desain, model/barang atau prototipe dan sejenisnya. Karya cipta tersebut bisa saja belum memberikan nilai kemanfaatan langsung bagi pihak lain.
PKM-AI : Merupakan program penulisan artikel ilmiah yang bersumber dari suatu kegiatan kelompok dalam bidang pendidikan, penelitian atau pengabdian kepada masyarakat (misalnya studi kasus, praktik lapang, KKN, PKM, magang).
PKM-GT : Merupakan program penulisan artikel ilmiah yang bersumber dari ide atau gagasan visioner kelompok mahasiswa. Gagasan yang dituliskan dapat mengacu kepada isu aktual yang ada di masyarakat dan memerlukan solusi sistem yang berjangka panjang berdasarkan hasil karya pikir yang cerdas dan implementatif.
Lalu, setelah berkeliling di dalam acara Gebyar PKM UMY 2016, kami akhirnya mendapat kesempatan untuk mewawancarai sebuah kelompok PKM yang kebetulan lolos PIMNAS, yaitu Tim CANGKELUR.
Menurut Juniar Anes Marliasiwi banyaknya limbah cangkang keong dan telur yang tidak dimanfaatkan sehingga menimbulkan limbah di lingkungan masyarakat. Hal ini mendorong mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) memanfaatkan limbah tersebut menjadi produk pakan tambahan ternak bernutrisi tinggi yang diberi nama “CANGKELUR” (Cangkang Keong dan Cangkang Telur Sebagai Alternatif Pakan Tambahan Ternak bernutrisi Tinggi dan Murah).
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan timnya terkait manfaat kandungan dari cangkang keong dan cangkang telur, kedua bahan tersebut memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk dikonsumsi oleh hewan ternak.
Proses dari pengolahan cangkang keong dan cangkang telur itu sendiri terdiri dari berbagai tahapan, pertama, bahan baku tersebut dicuci bersih, lalu di jemur hingga kering. Lalu setelah bahan-bahan tersebut kering, kemudian dimasukkan ke dalam mesin penggiling yang akan menghasilkan serbuk-serbuk olahan cangkang tersebut, yang nantinya serbuk tersebut akan dicampur dengan dedak ataupun pakan ternak lainnya untuk pakan ternak.
Usaha yang dilakukan Anes dan kawan-kawannya merupakan hasil dari pengajuan proposal PKM (Program Kreatifitas Kemahasiswaan) bidang Kewirausahaan yang telah mendapatkan dana hibah dari Dikti (direktorat perguruan tinggi).
Kelompok PKM yang beranggotakan Jitya Ratu, J. Anes Marliasiwi, Fendi Adriansyah, dan Muhammad Kusuma Aji, yang keseluruhan merupakan mahasiswa jurusan Akutansi, tidak hanya berhasil sampai pada pendaan hibah dikti, kelompok PKM tersebut juga berhasil mewakili UMY dalam ajang PIMNAS ke 28 di Universitas Halu Oleo.
Dan jika kami diberi kesempatan untuk mengikuti Program Kreatif Mahasiswa, yang menjadi konsen kami adalah Sampah. Sampah menjadi problem tersendiri bagi kota-kota besar di Indonesia termasuk di Yogyakarta.Di Kota Yogyakarta sendiri, volume sampah pada libur lebaran mencapai 267 ton/hari. Jumlah ini naik 10 persen dari volume sampah di hari biasa.Bisa di bayangkan jika nantinya dunia ini akan penuh dengan limbah satu ini?
Inilah hal yang menjadi keresahan kami tentang permasalahan sampah yang dari tahun ke tahun belum menemui solusi yang tepat. Sehubungan dengan sangat melimpahnya sampah plastik tersebut,sekaligus dengan melakukan kampanye go-green, kami mempunyai sebuah gagasan kewirausahaan untuk memanfaatkan limbah-limbah tersebut untuk didaur ulang atau dicetak ulang menjadi sebuah furniture yang memiliki nilai jual, kegunaan, dan keindahan yang lebih. Seperti contoh meja, kursi, rak buku, tempat tidur dan lainnya. Namun, bukan hanya furniture seperti biasa, akan ada sentuhan minimalis di setiap produk yang nantinya akan di buat, serta memiliki sebuah nilai seni yang mengisi setiap sudutnya.



1 komentar:

  1. Pecinta Judi online pastinya ingin mencari situs PKV GAMES yang gampang menang ? di sini ada merecomendasikan 1 agen situs judi online yang sangat mudah menang di MiyaQQ.
    tidak hanya itu saja bisa deposit dari segara jenis bank dan menerima deposit pulsa. minimal deposit dan wd hanya 15 ribu

    BalasHapus