A. Deskripsi Peluang Bisnis Yang
Memiliki Prospek Cukup Baik
Secara
umum ada beberapa tujuan yang ingin dicapai dalam bisnis seperti pendapat dari
Skinner (1992) dalam Pengantar Bisnis, Anoraga (2005), yang menyatakan bahwa
tujuan bisnis adalah :
- mencari keuntungan/profit.
- mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan
- pertumbuhan perusahaan dan
- tanggung jawab sosial.
Properti adalah berkaitan dengan lahan (tanah), hunian,
jenis bangunan perkantoran dan jenis bangunan untuk perdagangan (komersial).
Jadi bisnis properti dapat diartikan sebagai kegiatan pertukaran barang, jasa
atau uang yang berkaitan dengan lahan, hunian, bangunan perkantoran dan
bangunan komersial.
Memulai
usaha bisnis properti dikarenakan adanya peluang
pada bidang usaha tersebut dan ketertarikan pada keuntungan yang
diharapkan dari usaha ini. Sebelum melangkah menjalankan bisnis properti
diperlukan untuk menjajaki layak tidaknya usaha tersebut dijalankan. Hal-hal
yang perlu ditinjau untuk menilai kelayakan usaha tersebut antara lain
peninjauan terhadap aspek pasar dan pemasaran, aspek teknis dan teknologi,
aspek organisasi dan manajemen, serta aspek ekonomi dan keuangan. Selanjutnya
setelah dapat dinilai bahwa bisnis properti ini layak untuk dijalankan maka
dapat diputuskan untuk menjalankan usaha tersebut melalui suatu kebijakan.
Menurut saya peluang bisnis yang memiliki
prospek cukup baik adalah bisnis property (rumah). Karena menurut saya bisnis
tersebut tidak mengalami penurunan harga jual, melainkan harga jualnya semakin
meningkat setiap ahunya, hal ini disebabkan oleh pertumbuhan penduduk yang
semakin bertambah, dan rumah merupakan salah satu kebutuhan pokok yang banyak
dicari. Serta meninjau dari segi gaya hidup masyarakat Indonesia yang bertipe
konsumtif maka saya beranggapan bahwa pemasaran akan semakin mudah.
B. Strategi
Pemasaran Dan Aspek-aspek Yang Mendukung Keberhasilan Bisnis Properti
Dunia bisnis
telah berkembang pesat di jaman sekarang. Banyak pebisnis muncul membuka
bisnis-bisnis baru yang sedang menjadi trend di masyarakat. Cara pemasaran atau
yang dalam dunia bisnis disebut sebagai strategi marketing yang digunakan untuk
menemukan calon pembeli pun berbeda-beda. Hal ini mencakup perencanaan anggaran
biaya dari modal utama sampai dengan biaya pengelolaan, membangun kepercayaan
dengan pelanggan dan rekan bisnis, serta yang tidak kalah penting adalah
evaluasi yang dapat dilakukan dalam menilai tingkat keberhasilan bisnis anda.
Bisnis
properti merupakan salah satu bisnis yang sangat memerlukan strategi marketing
dalam perjalanannya. Anda perlu melakukan pemasaran agar properti yang anda
tawarkan dapat dikenal
dan
dicari masyarakat. Dalam
melakukan pemasaran perumahan dan permukiman perlu memperhatikan kondisi pasar
antara lain adalah :
- Keinginan yang spesifik dari konsumen yang ditarget
- Kemampuan ekonomi target pemasaran (kondisi keuangan)
- Aksesbilitas (pencapaian lokasi)
- Perilaku konsumsivitas dari target pemasaran (konsumen)
- Tingkat kemampuan daya beli konsumen.
Berikut beberapa cara pemasaran yang dapat
diterapkan dalam menjalankan bisnis properti.
1. Lokasi yang strategis
Ini merupakan strategi marketing
yang sangat penting anda perhatikan jika anda ingin memulai
bisnis ini. Properti seperti
perumahan, apartemen dan ruko akan banyak dicari masyarakat jika
berada dalam lingkungan yang aman
dan nyaman. Selain itu, lokasi yang dekat dengan fasilitas
umum seperti halte, stasiun dan
supermarket juga merupakan nilai tambahan bagi bisnis ini.
Tetapi anda perlu berhati-hati jika
membangun bisnis ini di pinggir jalan raya karena biasanya
masyarakat tidak terlalu suka suara
bising kendaraan bermotor.
2. Harga yang kompetitif
Walaupun harga properti di jaman
sekarang sudah sangat tinggi, namun konsumen tentunya
masih mengharapkan harga yang bisa
dijangkau dan sesuai dengan kualitas properti tersebut.
Harga properti yang terjangkau ini
pasti menjadi salah satu pertimbangan konsumen dalam
memilih dan membeli sebuah properti
yang dibutuhkan. Anda dapat memasang harga yang
terjangkau untuk bisnis anda tetapi
tentunya tetap menguntungkan sehingga anda dapat
mengembangkan bisnis yang anda
jalankan.
3. Produk berkualitas
Strategi marketing ini penting bagi
anda yang menjual properti jadi seperti rumah. Pastikan
kondisi rumah yang membuat
penghuninya merasa nyaman untuk tinggal. Selain itu kebersihan
dan keasrian di sekitar lingkungan
rumah juga menjadi faktor penting untuk diperhatikan.
4. Pemanfaatan media promosi
Anda dapat menggunakan media promosi
untuk menawarkan properti anda seperti koran,
majalah, tabloid, dan radio. Selain
media massa, akhir-akhir ini pemanfaatan media online juga
dapat membantu anda dalam hal
pemasaran.
5. Perhatikan target pemasaran
Anda harus tahu siapa-siapa saja
yang menjadi sasaran anda dalam menawarkan properti.
Misalnya saja anda mempunyai sebuah
properti rumah di salah satu perumahan, maka anda
dapat menawarkannya kepada pasangan
pengantin yang baru menikah. Lalu anda harus pintar
mengira-ngira berapa harga yang
harus anda pasang pada produk anda ini disesuaikan dengan
target anda tersebut.
6. Membangun komunikasi dan
kepercayaan konsumen
Setelah anda mendapat konsumen, anda
harus pintar-pintar membangun hubungan agar tercipta
sebuah komunikasi yang baik dan
efektif serta agar konsumen dapat percaya terhadap anda.
Adanya hubungan baik antara anda dan
konsumen ini akan membawa banyak keuntungan bagi
anda. Biasanya apabila konsumen
merasa puas dengan produk yang anda tawarkan, mereka
akan banyak bercerita kepada
rekan-rekan mereka sehingga dapat membawa konsumen yang
lain bagi anda.
Demikian strategi marketing dalam
bisnis properti bagi anda yang menjalankan bisnis ini.
Strategi dalam pemasaran perlu
direncanakan dengan baik dan pilihlah bentuk promosi yang
paling efektif untuk digunakan.
Selain promosi, anda juga sangat perlu dalam memperhatikan
kualitas produk anda serta menjalin
hubungan kerjasama yang baik dengan calon konsumen.
C. Kegiatan
Yang Dilakukan Dalam Mengelola Produksi Bisnis Properti
Hal
yang dilakukan dalam mengelola bisnis property adalah
1. Melihat peluang atau melihat kondisi disekitar lingkungan
yang akan kita gunakan untuk melakukan usaha.
2. Membeli tanah untuk mendirikan bangunan dengan harga
semura mungkin
3. Menbuat surat ijin mendirikan bangunan
4. Memilih kontraktor yang memiliki reputasi baik
5. Mengawasi setiap pengerjaanya
6. Mengawasi kualitas bangunan agar sesuai dengan standart
keamanan pendirian bangunan
7. Membuat akses jalan yang baik
8. Tidak mematikan usaha atau perekonomian warga sekitar
9. Menentukan harga jual
10. Memasarkan produk pada masyarakat
D. Pengelolaan Dana Dalam Bisnis Properti
Sistem pengelolaan dana yang akan saya gunakan
dalam mengelola bisnis ini adalah Sistem
Bagi Hasil.
Dimisalkan Lahan seluas 400m2 dengan harga 400
juta. Dibutuhkan modal awal 100jt. Developer tidak mengeluarkan modal,
tapi menggandeng mitra investor pemilik modal. Lahan 400 m2 juga diperoleh
dengan model kerjasama bagi hasil. Meski kerjasama, maka nilai tanah dihitung
sebagai investasi si pemilik tanah. Maka total modal adalah 500 juta.
Maka dari contoh kasus di atas, maka DEVELOPER :
INVESTOR = DEVELOPER : PEMILIK TANAH : PEMILIK UANG. Maka perhitungan bagi
hasilnya menjadi developer dengan skillnya mendapat bagi hasil 50%. Pemilik
tanah dengan luas investasi tanahnya 400jt mendapat bagi hasil 40%.
Pemilik uang dengan uangnya 100jt mendapat bagi hasil 10%.
Bagaimana bila developer juga adalah pemilik uang.
Maka DEVELOPER (SKILL) : PEMILIK TANAH : DEVELOPER (UANG). Skill developer
tetap dihargai 50%, sedangkan pada sisi permodalan developer, diberikan bagi
hasil 10% sesuai porsi contoh di atas. Maka DEVELOPER : PEMILIK TANAH = 60:40.
Apakah angka-angka itu negotiable? Ya tentu,
bisnis itu negosiasi, setiap angka di dalamnya adalah negotiable.
E.
Cara Yang Dapat Dilakukan Untuk Mengelola SDM Dalam Bisnis Properti
Pengelolaan
SDM pada bisnis ini adalah untuk memilih team terbaik, dan menghasilkan
kualitas produk yang terbaik, Merekrut bakat terbaik, memastikan kepuasan kerja
dan meningkatkan kompetensi karyawan, kami lakukan guna mencapai keunggulan
bersama.
1. Mengedepankan Keberagaman dan Kesetaraan Kesempatan
Memiliki
tiga kelompok usaha yang berbeda dan padat karya memberikan manfaat keberagaman
bagi perusahaan, baik dari sisi budaya, sosial ekonomi, maupun latar belakang
pendidikan. Program asimilasi karyawan di seluruh unit usaha diciptakan agar
semua karyawan berkesempatan untuk mencoba lingkungan bekerja dan tantangan
yang baru.
2.
Meningkatkan
Kompetensi
Kami melakukan penilaian (assesment) secara menyeluruh di
semua tingkatan jabatan setiap 2 (dua) tahun sekali. Selain itu, kami juga
memberikan training dan pelatihan secara merata dengan tujuan untuk
menjembatani pemahaman standar industri yang terus berkembang.
3.
Kekuatan
dalam Kebersamaan
Untuk menumbuhkan rasa kebersamaan, secara berkala diadakan
gathering seluruh karyawan di semua tingkat jabatan, juga Porseni (Pekan
Olahraga dan Kesenian) yang diselenggarakan setiap 2 tahun. Pembentukan Serikat
Pekerja sebagai media dialog bagi manajemen dan karyawan sekaligus diharapkan
dapat menjadi agen perubahan bagi perusahaan.
Tersedianya Sumber Daya Manusia (SDM) dengan tingkat
kompetensi yang bersaing dan memiliki produktifitas di atas rata – rata di
setiap industri adalah tertuang dalam visi perusahaan dalam mengembangkan SDM.
Untuk mencapai visi tersebut maka perusahaan menetapkan indikator kinerja
pengembangan SDM sebagai tolok ukur tahap – tahap pencapaiannya. Indikator
kinerja tersebut antara lain meliputi tingkat produktifitas, kepuasan kerja dan
kaderisasi untuk menjaga sustainabilitas perusahaan.
Pengembangan SDM dilakukan melalui empat pilar strategi
yaitu:
1.
Membangun organisasi yang tangguh
2.
Profesionalisme pengelolaan kinerja karyawan
3.
Pengembangan SDM berbasis kompetensi serta moral & motivasi pada tingkat
yang dinamis
4.
Strategi berlandaskan pada nilai – nilai perusahaan dan praktek Good Corporate
Governance (GCG)
Strategi
pengembangan SDM dilakukan pula dengan cara : Memberikan pendidikan dan pelatihan
sesuai dengan kompetensi yang berdasarkan analisa kebutuhan, hasil penilaian
kinerja, assessment atau pengembangan karir. Pelatihan yang diberikan oleh
perusahaan dibagi menjadi 3 kelompok besar yaitu: Pelatihan/Pengembangan
Kompetensi Teknis fungsional, Pelatihan/Pengembangan Kompetensi Managerial,
Pelatihan/Pengembangan Kompetensi Bisnis Strategik.
Pecinta Judi online pastinya ingin mencari situs PKV GAMES yang gampang menang ? di sini ada merecomendasikan 1 agen situs judi online yang sangat mudah menang di MiyaQQ.
BalasHapustidak hanya itu saja bisa deposit dari segara jenis bank dan menerima deposit pulsa. minimal deposit dan wd hanya 15 ribu
Oiya, kalo temen-temen punya rencana mau investasi tanah, sebaiknya pahami dulu apa aja kelebihan dan kekurangannya. Hal ini penting agar tidak alami masalah di kemudian hari. Selengkapnya bisa cek di sini: Hal penting yang perlu diketahui sebelum investasi tanah
BalasHapusKini Agen Judi Online Bolavita Menyediakan Segala Jenis Transaksi Deposit & Withdraw Menggunakan Dompet Digital (E-wallet) yang ada di Indonesia.
BalasHapusTersedia Judi Online Deposit Pakai Linkaja, Ovo, Dana, Sakuku. Gopay. Selain Menyediakan Judi Online Deposit Via Pulsa dan Semua Jenis Rekening Bank di Indonesia.
Bolavita Menyediakan Judi Online Yang Cukup Lengkap. Antara Lain Adalah :
• Judi Sabung Ayam Live
• Judi Casino Live
• Judi Bola / Sportsbook
• Judi Slot Online
• Judi Bola Tangkas
• Judi Poker Online
• Judi Domino
• Judi Ceme / Capsa Susun
• Judi Tembak Ikan Online
• Judi Togel Online
Promo Bonus :
» Bonus Deposit Pertama 10%
» Bonus Deposit Harian 5%
» Bonus Cashback Mingguan 5% - 10%
» Bonus Rollingan Mingguan 0.8%
» Bonus Referral 7% + 2%
Daftar & Klaim Bonusnya Sekarang Juga !
Kontak Resmi (Online 24 Jam Setiap Hari) :
» Nomor WhatsApp : 0812–2222–995
» ID Telegram : @bolavitacc
» ID Wechat : Bolavita
» ID Line : cs_bolavita