Rabu, 11 Mei 2016

Deskripsi Peluang Bisnis Property



A.   Deskripsi Peluang Bisnis Yang Memiliki Prospek Cukup Baik


Secara umum ada beberapa tujuan yang ingin dicapai dalam bisnis seperti pendapat dari Skinner (1992) dalam Pengantar Bisnis, Anoraga (2005), yang menyatakan bahwa tujuan bisnis adalah : 
  1. mencari keuntungan/profit.
  2. mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan 
  3. pertumbuhan perusahaan dan 
  4. tanggung jawab sosial.
Properti adalah berkaitan dengan lahan (tanah), hunian, jenis bangunan perkantoran dan jenis bangunan untuk perdagangan (komersial). Jadi bisnis properti dapat diartikan sebagai kegiatan pertukaran barang, jasa atau uang yang berkaitan dengan lahan, hunian, bangunan perkantoran dan bangunan komersial.

Memulai usaha bisnis properti dikarenakan adanya peluang pada bidang usaha tersebut dan ketertarikan pada keuntungan  yang diharapkan dari usaha ini. Sebelum melangkah menjalankan bisnis properti diperlukan untuk menjajaki layak tidaknya usaha tersebut dijalankan. Hal-hal yang perlu ditinjau untuk menilai kelayakan usaha tersebut antara lain  peninjauan terhadap aspek pasar dan pemasaran, aspek teknis dan teknologi, aspek organisasi dan manajemen, serta aspek ekonomi dan keuangan. Selanjutnya setelah dapat dinilai bahwa bisnis properti ini layak untuk dijalankan maka dapat diputuskan untuk menjalankan usaha tersebut melalui suatu kebijakan.

Menurut saya peluang bisnis yang memiliki prospek cukup baik adalah bisnis property (rumah). Karena menurut saya bisnis tersebut tidak mengalami penurunan harga jual, melainkan harga jualnya semakin meningkat setiap ahunya, hal ini disebabkan oleh pertumbuhan penduduk yang semakin bertambah, dan rumah merupakan salah satu kebutuhan pokok yang banyak dicari. Serta meninjau dari segi gaya hidup masyarakat Indonesia yang bertipe konsumtif maka saya beranggapan bahwa pemasaran akan semakin mudah.



B.  Strategi Pemasaran Dan Aspek-aspek Yang Mendukung Keberhasilan Bisnis Properti

Dunia bisnis telah berkembang pesat di jaman sekarang. Banyak pebisnis muncul membuka bisnis-bisnis baru yang sedang menjadi trend di masyarakat. Cara pemasaran atau yang dalam dunia bisnis disebut sebagai strategi marketing yang digunakan untuk menemukan calon pembeli pun berbeda-beda. Hal ini mencakup perencanaan anggaran biaya dari modal utama sampai dengan biaya pengelolaan, membangun kepercayaan dengan pelanggan dan rekan bisnis, serta yang tidak kalah penting adalah evaluasi yang dapat dilakukan dalam menilai tingkat keberhasilan bisnis anda.

Bisnis properti merupakan salah satu bisnis yang sangat memerlukan strategi marketing dalam perjalanannya. Anda perlu melakukan pemasaran agar properti yang anda tawarkan dapat dikenal
dan dicari masyarakat. Dalam melakukan pemasaran perumahan dan permukiman perlu memperhatikan kondisi pasar antara lain adalah :
  1. Keinginan yang spesifik dari konsumen yang ditarget
  2. Kemampuan ekonomi target pemasaran (kondisi keuangan) 
  3. Aksesbilitas (pencapaian lokasi) 
  4. Perilaku konsumsivitas dari target pemasaran (konsumen) 
  5. Tingkat kemampuan daya beli konsumen.
 Berikut beberapa cara pemasaran yang dapat diterapkan dalam menjalankan bisnis properti.

1. Lokasi yang strategis
Ini merupakan strategi marketing yang sangat penting anda perhatikan jika anda ingin memulai
bisnis ini. Properti seperti perumahan, apartemen dan ruko akan banyak dicari masyarakat jika
berada dalam lingkungan yang aman dan nyaman. Selain itu, lokasi yang dekat dengan fasilitas
umum seperti halte, stasiun dan supermarket juga merupakan nilai tambahan bagi bisnis ini.
Tetapi anda perlu berhati-hati jika membangun bisnis ini di pinggir jalan raya karena biasanya
masyarakat tidak terlalu suka suara bising kendaraan bermotor.

2. Harga yang kompetitif
Walaupun harga properti di jaman sekarang sudah sangat tinggi, namun konsumen tentunya
masih mengharapkan harga yang bisa dijangkau dan sesuai dengan kualitas properti tersebut.
Harga properti yang terjangkau ini pasti menjadi salah satu pertimbangan konsumen dalam
memilih dan membeli sebuah properti yang dibutuhkan. Anda dapat memasang harga yang
terjangkau untuk bisnis anda tetapi tentunya tetap menguntungkan sehingga anda dapat
mengembangkan bisnis yang anda jalankan.

3. Produk berkualitas
Strategi marketing ini penting bagi anda yang menjual properti jadi seperti rumah. Pastikan
kondisi rumah yang membuat penghuninya merasa nyaman untuk tinggal. Selain itu kebersihan
dan keasrian di sekitar lingkungan rumah juga menjadi faktor penting untuk diperhatikan.

4. Pemanfaatan media promosi
Anda dapat menggunakan media promosi untuk menawarkan properti anda seperti koran,
majalah, tabloid, dan radio. Selain media massa, akhir-akhir ini pemanfaatan media online juga
dapat membantu anda dalam hal pemasaran.

5. Perhatikan target pemasaran
Anda harus tahu siapa-siapa saja yang menjadi sasaran anda dalam menawarkan properti.
Misalnya saja anda mempunyai sebuah properti rumah di salah satu perumahan, maka anda
dapat menawarkannya kepada pasangan pengantin yang baru menikah. Lalu anda harus pintar
mengira-ngira berapa harga yang harus anda pasang pada produk anda ini disesuaikan dengan
target anda tersebut.

6. Membangun komunikasi dan kepercayaan konsumen
Setelah anda mendapat konsumen, anda harus pintar-pintar membangun hubungan agar tercipta
sebuah komunikasi yang baik dan efektif serta agar konsumen dapat percaya terhadap anda.
Adanya hubungan baik antara anda dan konsumen ini akan membawa banyak keuntungan bagi
anda. Biasanya apabila konsumen merasa puas dengan produk yang anda tawarkan, mereka
akan banyak bercerita kepada rekan-rekan mereka sehingga dapat membawa konsumen yang
lain bagi anda.

Demikian strategi marketing dalam bisnis properti bagi anda yang menjalankan bisnis ini.
Strategi dalam pemasaran perlu direncanakan dengan baik dan pilihlah bentuk promosi yang
paling efektif untuk digunakan. Selain promosi, anda juga sangat perlu dalam memperhatikan
kualitas produk anda serta menjalin hubungan kerjasama yang baik dengan calon konsumen.



C.  Kegiatan Yang Dilakukan Dalam Mengelola Produksi Bisnis Properti


Hal yang dilakukan dalam mengelola bisnis property adalah
           
1.      Melihat peluang atau melihat kondisi disekitar lingkungan yang akan kita gunakan untuk melakukan usaha.
2.      Membeli tanah untuk mendirikan bangunan dengan harga semura mungkin
3.      Menbuat surat ijin mendirikan bangunan
4.      Memilih kontraktor yang memiliki reputasi baik
5.      Mengawasi setiap pengerjaanya
6.      Mengawasi kualitas bangunan agar sesuai dengan standart keamanan pendirian bangunan
7.      Membuat akses jalan yang baik
8.      Tidak mematikan usaha atau perekonomian warga sekitar
9.      Menentukan harga jual
10.  Memasarkan produk pada masyarakat





D.  Pengelolaan Dana Dalam Bisnis Properti

Sistem pengelolaan dana yang akan saya gunakan dalam mengelola bisnis ini adalah Sistem Bagi Hasil.
Dimisalkan Lahan seluas 400m2 dengan harga 400 juta. Dibutuhkan modal awal 100jt. Developer tidak mengeluarkan modal, tapi menggandeng mitra investor pemilik modal. Lahan 400 m2 juga diperoleh dengan model kerjasama bagi hasil. Meski kerjasama, maka nilai tanah dihitung sebagai investasi si pemilik tanah. Maka total modal adalah 500 juta.
Maka dari contoh kasus di atas, maka DEVELOPER : INVESTOR = DEVELOPER : PEMILIK TANAH : PEMILIK UANG. Maka perhitungan bagi hasilnya menjadi developer dengan skillnya mendapat bagi hasil 50%. Pemilik tanah dengan luas investasi tanahnya 400jt mendapat bagi hasil 40%. Pemilik uang dengan uangnya 100jt  mendapat bagi hasil 10%.
Bagaimana bila developer juga adalah pemilik uang. Maka DEVELOPER (SKILL) : PEMILIK TANAH : DEVELOPER (UANG). Skill developer tetap dihargai 50%, sedangkan pada sisi permodalan developer, diberikan bagi hasil 10% sesuai porsi contoh di atas. Maka DEVELOPER : PEMILIK TANAH = 60:40.
Apakah angka-angka itu negotiable? Ya tentu, bisnis itu negosiasi, setiap angka di dalamnya adalah negotiable.

E.   Cara Yang Dapat Dilakukan Untuk Mengelola SDM Dalam Bisnis Properti

Pengelolaan SDM pada bisnis ini adalah untuk memilih team terbaik, dan menghasilkan kualitas produk yang terbaik, Merekrut bakat terbaik, memastikan kepuasan kerja dan meningkatkan kompetensi karyawan, kami lakukan guna mencapai keunggulan bersama.
1.      Mengedepankan Keberagaman dan Kesetaraan Kesempatan
Memiliki tiga kelompok usaha yang berbeda dan padat karya memberikan manfaat keberagaman bagi perusahaan, baik dari sisi budaya, sosial ekonomi, maupun latar belakang pendidikan. Program asimilasi karyawan di seluruh unit usaha diciptakan agar semua karyawan berkesempatan untuk mencoba lingkungan bekerja dan tantangan yang baru.


2.      Meningkatkan Kompetensi
Kami melakukan penilaian (assesment) secara menyeluruh di semua tingkatan jabatan setiap 2 (dua) tahun sekali. Selain itu, kami juga memberikan training dan pelatihan secara merata dengan tujuan untuk menjembatani pemahaman standar industri yang terus berkembang.
3.      Kekuatan dalam Kebersamaan
Untuk menumbuhkan rasa kebersamaan, secara berkala diadakan gathering seluruh karyawan di semua tingkat jabatan, juga Porseni (Pekan Olahraga dan Kesenian) yang diselenggarakan setiap 2 tahun. Pembentukan Serikat Pekerja sebagai media dialog bagi manajemen dan karyawan sekaligus diharapkan dapat menjadi agen perubahan bagi perusahaan.
Tersedianya Sumber Daya Manusia (SDM) dengan tingkat kompetensi yang bersaing dan memiliki produktifitas di atas rata – rata di setiap industri adalah tertuang dalam visi perusahaan dalam mengembangkan SDM. Untuk mencapai visi tersebut maka perusahaan menetapkan indikator kinerja pengembangan SDM sebagai tolok ukur tahap – tahap pencapaiannya. Indikator kinerja tersebut antara lain meliputi tingkat produktifitas, kepuasan kerja dan kaderisasi untuk menjaga sustainabilitas perusahaan.
Pengembangan SDM dilakukan melalui empat pilar strategi yaitu:
1. Membangun organisasi yang tangguh
2. Profesionalisme pengelolaan kinerja karyawan
3. Pengembangan SDM berbasis kompetensi serta moral & motivasi pada tingkat yang dinamis
4. Strategi berlandaskan pada nilai – nilai perusahaan dan praktek Good Corporate Governance (GCG)
Strategi pengembangan SDM dilakukan pula dengan cara : Memberikan pendidikan dan pelatihan sesuai dengan kompetensi yang berdasarkan analisa kebutuhan, hasil penilaian kinerja, assessment atau pengembangan karir. Pelatihan yang diberikan oleh perusahaan dibagi menjadi 3 kelompok besar yaitu: Pelatihan/Pengembangan Kompetensi Teknis fungsional, Pelatihan/Pengembangan Kompetensi Managerial, Pelatihan/Pengembangan Kompetensi Bisnis Strategik.

3 komentar:

  1. Pecinta Judi online pastinya ingin mencari situs PKV GAMES yang gampang menang ? di sini ada merecomendasikan 1 agen situs judi online yang sangat mudah menang di MiyaQQ.
    tidak hanya itu saja bisa deposit dari segara jenis bank dan menerima deposit pulsa. minimal deposit dan wd hanya 15 ribu

    BalasHapus
  2. Oiya, kalo temen-temen punya rencana mau investasi tanah, sebaiknya pahami dulu apa aja kelebihan dan kekurangannya. Hal ini penting agar tidak alami masalah di kemudian hari. Selengkapnya bisa cek di sini: Hal penting yang perlu diketahui sebelum investasi tanah

    BalasHapus
  3. Kini Agen Judi Online Bolavita Menyediakan Segala Jenis Transaksi Deposit & Withdraw Menggunakan Dompet Digital (E-wallet) yang ada di Indonesia.

    Tersedia Judi Online Deposit Pakai Linkaja, Ovo, Dana, Sakuku. Gopay. Selain Menyediakan Judi Online Deposit Via Pulsa dan Semua Jenis Rekening Bank di Indonesia.

    Bolavita Menyediakan Judi Online Yang Cukup Lengkap. Antara Lain Adalah :
    • Judi Sabung Ayam Live
    • Judi Casino Live
    • Judi Bola / Sportsbook
    • Judi Slot Online
    • Judi Bola Tangkas
    • Judi Poker Online
    • Judi Domino
    • Judi Ceme / Capsa Susun
    • Judi Tembak Ikan Online
    • Judi Togel Online

    Promo Bonus :

    » Bonus Deposit Pertama 10%
    » Bonus Deposit Harian 5%
    » Bonus Cashback Mingguan 5% - 10%
    » Bonus Rollingan Mingguan 0.8%
    » Bonus Referral 7% + 2%

    Daftar & Klaim Bonusnya Sekarang Juga !
    Kontak Resmi (Online 24 Jam Setiap Hari) :

    » Nomor WhatsApp : 0812–2222–995
    » ID Telegram : @bolavitacc
    » ID Wechat : Bolavita
    » ID Line : cs_bolavita

    BalasHapus